Biografi Walt Disney


Walt Disney adalah raja multimudia melalui dunia animasi. Jutaan anak-anak di seluruh dunia tentu tidak asing dengan tokoh animasi Donald Bebek dan Mickey Mouse atau Gufi. Berawal dari film kartun, Kerajaan Disney kini merentang ke seluruh dunia melalui beragam produk mulai film, Televisi hingga Disneyland. Nama Walt Disney tercatat dengna tinta emas dalam dunia hiburan khususnya anak-anak. Dia mewnciptakan tokoh kartun Mickey mouse dan donald bebek yang begitu terkenal di seluruh dunia, membuat film animasi dengna durasi yang panjang, membangun stasiun televisi Disney Channel, hingga membuat taman hiburan Disneyland yang emngeksploitasi fantasi manusia.

Perusahaan multimedia Disney kini merajai dunia hiburan modern dengan produk-produk yang beragam dan menuai sukses menakjubkan. Dengan hanya melikat merk Disney orang langsung percaya bahwa produk tersebut berkualitas dan sangat menghibur. Dengan brand yang begitu kuat dan mendunia, Disney menjelma menjadi perusahaan media terbesar di dunia. Penjualan Disney per tahun bisa menjapai 22 milyar dollar AS.  Produk-produknya begitu bervariasi mulai film kartun animasi, film layar lebar, souvenir, media televisi hingga pernak-pernik lainnya. 

Walt Disney lahir 1901 di Chicago Illionis AS dan meninggal di Los Angeles California tahun 1966, terlahir dengan nama Walter Elias Disney. Masa kecilnya ternyata tidak seceria dari tokoh animasi yang ia ciptakan.
Mengenyam pendidikan di Sekolah Seni Chicago dan Kansas Missouri AS. Awal bisnisnya dimulai ketika ia membuka studio film kartun di Holywood tahun 1923. Ayahnya Elias sering berganti pekerjaan namun banyak mengalami kegagalan. Walt Disney pergi meninggalkan rumahnya pada usia 16 tahun bergabung dengan Korp Ambulans Palang Merah selama Perang Dunia I. Walt sempat mengalami masa-masa sulit yang menempanya menjadi seorang pebisnis besar. Antara tahun 1926 dan 1928 Disney memproduksi serial kartun Oswald The Rabbit untuk di produksi di Universal Picture. Setelah itu, tahun 1928 ia memproduksi Steamboat Willie di Studio film yang dibangunnya. Film ini merupakan film kartun pertama yang menampilkan suara yang telah disinkronisasi. Awal tahun 1928 tokoh Disney yang paling populer Mickey Mouse mulai diperkenalkan dalam film kartun Plane Crazy. Tokoh Mickey Mouse mendapat apresiasi tinggi sebagai gambaran orang Amerika yang tak pernah menyerah. 

Tahun 1930-an Disney bekerjasama dengan Technicolor dan membuat film berwarna Flowers and Trees (1932) yang menuai sukses besar. Disney kemudian membuat film panjang pertamanya Snow White and Seven Dwarfs yang juga diterima publik begitu antusias. Sementara film Pinocchio dan Fantasia semakin berkembang dari segi inovasi teknik. Antara tahun 1950-1960, Walt Disney Productions Ltd, menjadi produsen terpenting untuk teater dan televisi dan penerbitan. Ia juga membangun sebuah taman hiburan terbesar di Amerika Serikat Disneyland tahun 1955 yang hingga kini kepopulerannya belum terkalahkan. Disneyland menampilkan rekonstruksi, pameran, dan perjalanan bersejaranyang menjadi daya tarik para turis. Disneyland telah menjadi rekayasa imajinasi di mana keeksotisan, makhluk-makhluk berbahaya,tempat dan fantasi dapat diproduksi. Sukses Disneyland segera diikuti pembukaan Disney World di Orlando Florida tahun 1971.

Disney meinggal karena penyakit kanker tahun 1965.Sebagai seorang usahawan yang tak pernah puas dan tak kenal lelah, ia telah menemukan impiannya tentang kekayaan, kekuasaan dan kehormatan. Ketika ditanya mengenai apa yang menjadi kebanggaan hidupnya, ia tidak menyebut tentang anak-anak yang bahagia, atau nilai-nilai dalam keluarga. Ia dengan tegas menyatakan semua itu omong kosong. Kebanggaannya adalah keberhasilannya membangun kerajaan bisnis dan tetap bertahan sampai kapanpun.


Sumber

Posted in , , , . Bookmark the permalink. RSS feed for this post.

2 Responses to Biografi Walt Disney

  1. nice share gan...request buku tamu gan..biar gampang ninggalin jejak klu mampir kesini..salam blogger...

    BalasHapus

Pengunjung yang bijak selalu meninggalkan komentar , jadi komentar ya !

Diberdayakan oleh Blogger.

Search

Swedish Greys - a WordPress theme from Nordic Themepark. Converted by LiteThemes.com.