Motivasi dan Semangat UN !!


heey pembaca buat kalian yang sekarang kelas 6 SD , 9 SMP , atau 12 SMA , bentar lagi mau UN nih , gak kerasa ya udah mau UN lagi , padahal gue sebagai murid kelas 9smp perasaan baru beberapa bulan yang lalu masih jadi anak kelas 8smp , tapi sekarang terengteng udah kelas 9 dan udah mau UN!! , kalo di itung itung nih ya mulai hari ini tuh kalo gak salah UN buat anak SMP tinggal 52 hari
lagi bro , gila , baru 52 hari aja gue udah galau berat , stress berat , makan berat , angkat berat , nah loh ngaco gini gue ngoceh. Pokonya yang pingin gue tanya tuh " kenapa harus ada UN? " itu bisa bikin para murid galau berat pemerintah... tolong hapuskan UN dari agenda tahunanmu , wkwk itu udah pasti gak mungkin buat saat ini pembaca. "kok buat saat ini?" ya kali aja 100 tahun kemudian udah gak ada UN lagi, hehehe , ohiya walaupun gue lagi stress berat karena dampak UN ini gue harus tetap semangat buat belajar dan jangan lupa berdoa sob , karena kata guru gue di sekolah agar lulus dengan nilai yang memuaskan itu caranya 99% belajar dan 1%nya lagi berdoa kepada Allah SWT , karena doa yang kita panjatkan itu kali aja dikabulkan oleh Allah SWT (jika Allah SWT mengizinkan , amin) dan gue saranin ya jangan sekali kali kalian pake kunci jawaban deh , selain karena harganya mahal yang bisa tembus ke angka 300.000 sob itu juga belum pasti , karena rencananya pemerintah akan membuat format soal yang berbeda dari tahun kemarin , kalo kemarin setiap paket itu soalnya sama cuma nomernya aja yang di tuker tuker , nah kalo sekarang rencananya semua paket itu berbeda soalnya!! Subhanallah , udah mah stress soalnya beda beda , APA KATA DUNIA?
Tapi yang perlu kalian cermati itu adalah persiapan dalam menjalani UN. Seperti pensil , penghapus , papan dada , eh salah.

  • Tapi persiapan yang harus kalian bawa untuk UN itu adalah kepercayaan diri (karena udah belajar kalo bahasa sundanya mah ti beurang nepi ka peuting , bukan percaya diri gitu aja tanpa belajar , itu sama aja boong) kepercayaan diri itu harus dimunculkan karena salah salah kalau kita itu tegang bisa bisa persiapan kita yang udah mateng tuh jadi dor! blank begitu saja lupa akan semua rumus matematika , fisika , wah kacau deh kalau udah blank kalian bakal khawatir dan gelisah tak menentu.
  • Lalu persiapan mental. Karena kalau mental kalian lemah dan mudah goyah , kalian akan gampang sekali membuat kecerobohan akibat kaget karena itu acaranya UN , padahal kalo kalian ulangan harian atau UAS kalian biasanya rilex dan tenang jadi dapet nilai yang bagus. Tapi tiba tiba kalian tuh pas acaranya berubah bukan lagi ulangan harian ataupun UAS melainkan si UN ini , kalian jadi kaget dan tergesa gesa untuk segera mengakhiri UN. Jangan gitu sob , kalian harus tetap tenang juga , caranya banyak banyak sholat aja deh kalo saran gue , dari yang jarang sholat sebulan ini full-in sholat kalian jangan bolong bolong , tapi seterusnya gitu jangan pas udah un jadi bolong bolong lagi , karena sholat dapat meningkatkan kualitas iman kalian , jadi kalian bisa tenang dalam UN dan pikiran kalian jernih.
  • Setelah persiapan kepercayaan diri dan mental , kalian juga harus punya cita cita atau andai andai atau apalah yang bisa membuat kalian semangat untuk mencapai hal itu. Kaya misalnya gini , kalian tuh punya cita cita buat masuk sekolah/perguruan tinggi favorit , gunakan cita cita itu untuk modal semangat kalian , jadi kalian jadiin motivasi dah tuh cita cita kalian , niscaya kalian akan semangat untuk meraih cita cita itu , iya gak? atau hal sederhananya kita sangkutkan ke game , kalian itu misalnya masih di level 9 dan ingin melanjutkan misi ke level 10 yang dikenal sangat susah sekali , kalian berjuang terus sampe game over 1200x wiih! tapi setiap kalian game over itu kalian belajar apa yang salah dari game sebelumnya sehingga kalian game over , iya kan? nah pas kalian coba buat yang ke 1201x-nya kalian berhasil , gimana perasaan kalian tuh? seneng bangetkan pastinya , bisa memasuki level 10 yang dikatakan orang orang sangat sulit untuk ditembus sehingga kalian harus memasuki game yang ke 1201. jadi intinya kalian harus banyak latihan soal dan kalau ada yang salah kalian cari tau apa yang membuat kalian salah itu.
  • Lalu yang terakhir persiapannya simple aja pembaca , minta restu orang tua! gak nyambung ya? tapi percaya deh sama gue doa orang tua itu kemungkinan di kabulkannya itu tinggi gue gatau berapa persen , walaupun orang tua kalian sering mendoakan kalian waktu sholat , tapi kalian minta doa restunya aja gini contohnya "Mah/Pah , doain aku ya biar UN hari ini berjalan baik" gitu aja , gak sulit kok. Tapi kalian juga harus berdoa dong buat diri kalian sendiri , dan sebelum berangkat sekolah untuk UN kalian ucapkan bismillah.
mungkin segitu aja kali ya yang bisa gue kasih buat kalian yang lagi siap siap untuk menjalani UN , entah itu anak kelas 6 SD , 9 SMP , atau 12 SMA. semoga artikel ini seengganya bisa menambah sesuatu buat kalian UN. Dan sejujurnya nih ya , gue juga udah tegang gara gara UN , jadi sekalian bikin artikel sekalian curhat juga hehe , okey gue akhiri deh artikel ini dengan kata : SEMANGAT UN dan UCAPKAN BISMILLAH ! ohiya gue juga jadi bakal jarang nongol di blog ini karena gue insyaAllah bakal fokus buat belajar , doain gue ya pembaca dan sahabat blogger. Gue juga berdoa buat kalian yang lagi siap-siap UN biar dilancarin UNnya amin

Posted in , . Bookmark the permalink. RSS feed for this post.

6 Responses to Motivasi dan Semangat UN !!

  1. menurut saya antara belajar dan doa itu harus seimbang. jangan kebanyakan belajarnya ataupun sebaliknya. yaa 50:50 aja. hehe

    jangan lupa siapin alat bantu pernafasan bisi we pas ngerjain tugas ente pingsan gara2 lieur ku soal hehe

    BalasHapus
  2. wkwkwk , kalo berdoa terus kapan belajarnya dong? tapi itumah gimana ente weh lah

    wkwkwk moal kan udah belajar hehe , thanks udah komen kang..

    BalasHapus
  3. Nova Pramono Putro27 Maret 2013 pukul 21.14

    Yap,thx jga kalau sdh mndo'akanku jga.. Amin,Amin,Ya Robbal Al Amin... Bisa,tidak bisa,PASTI BISA,AMIN :)
    YA ROHMAN YA ROHIM,berilah hamba n friends selembar kertas(Ijazah)yg brtuliskn LULUS serta berilah dia n hamba nilai yg mmuaskn d smua ujian. Amin,Amin,Ya Robbal Al Amin.... :)

    BalasHapus
  4. bagus artikelnya semoga bermanfaat ilmunya

    BalasHapus

Pengunjung yang bijak selalu meninggalkan komentar , jadi komentar ya !

The Best Traffic Exchange
Diberdayakan oleh Blogger.

Search

Swedish Greys - a WordPress theme from Nordic Themepark. Converted by LiteThemes.com.